Tak Hanya Ibu, Ayah Juga Punya Peran Penting Membentuk Gaya Hidup Sehat Keluarga

Rizki Adis Abeba | 11 April 2019 | 20:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Orang tua menginginkan agar anak tumbuh dengan gaya hidup sehat. Namun terkadang orang tua lupa, gaya hidup sehat harus dibiasakan sejak dini. Caranya, ya dengan memberi contoh pada anak.

Sayangnya, masih banyak orang tua yang tidak menjaga komitmen terhadap gaya hidup sehat, terutama para ayah. Kebanyakan suami hanya mempercayakan istrinya untuk mengasuh anak dan membiasakan pola hidup sehat pada anak. Sementara mereka sendiri tidak memberi contoh nyata, misalnya masih suka begadang hingga merokok. Padahal, peranan seorang ayah dalam menanamkan dan membiasakan pola hidup sehat pada keluarga sangat penting.

Dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Guelph, Ontario, Kanada, dikemukakan bahwa contoh yang diberikan oleh ayah, bukan ibu, tentang pola makan sehat sangat berkaitan dengan kebiasaan dan pola makan sehat pada anak.

“Melibatkan ayah secara efektif dalam upaya promosi kesehatan dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan perilaku makan, aktivitas, dan screen time (waktu bermain gawai) yang lebih sehat sejak dini. Ini juga dapat mendukung pembagian kerja yang lebih adil antara orang tua,” kata Jess Haines, Associate Professor Ilmu Gizi Terapan di Universitas Guelph, Ontario, Kanada.

Ayah yang gemar berolahraga dan makan makanan sehat akan memberi pengaruh besar pada kebiasaan anak dalam menerapkan gaya hidup yang serupa. “Mengingat peran penting yang dimainkan ayah dalam pengembangan perilaku kesehatan anak-anak mereka, penting untuk melibatkan ayah dalam intervensi gaya hidup sehat di keluarga,” lanjut Jess Haines.

Namun penelitian juga menekankan, untuk memberikan dampak maksimal, tentunya diperlukan peranan yang seimbang antara ayah dan ibu untuk mendukung gaya hidup sehat di keluarga. Orang tua bisa membagi peran dengan seimbang, misalnya Ayah banyak berperan dalam mengajak anak-anak berolahraga dan melakukan kegiatan di luar rumah. Sementara ibu berfokus menyiapkan asupan makanan dan minuman sehat untuk keluarga.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait